Apa Ya Resolusi Untuk Tahun Depan?

by Duitin • Dec 2020

1607065332-Blog-12---Resolusi-Untuk-Tahun-Depan-(1920-x-1080).jpg

Wah, nggak kerasa udah bulan Desember aja nih, artinya, hanya tinggal 1 bulan lagi menuju tahun 2021! Gimana, apakah udah rekap resolusi-resolusi tahun ini? Ada berapa banyak yang tercapai?

 

Huh, gak ada!! Baru niat, eh tiba-tiba pandemi 🙂

Hehe, nggak papa, nggak papa. Emang sih tanpa kita sadari, tahun ini rasanya berlalu dengan sangaaaat cepat, semuanya memang gara-gara pandemi.

Eits, bentar dulu. Sebelum lebih lanjut menyalahkan pandemi, tahu nggak sih kalau ternyata kemunculan pandemi ada sedikit sangkut pautnya dengan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan?

Menurut Harvard Center of Climate, Health and the Global Environment, perubahan iklim telah mengubah cara hidup setiap spesies di bumi, salah satunya para hewan yang berpotensi sebagai pembawa virus. Ketika suhu mulai memanas, atau terjadi pembabatan hutan, banyak hewan yang kehilangan habitat bermigrasi untuk mencari tempat tinggal yang baru. Akibatnya, terjadi kontak fisik antar spesies hewan yang biasanya tidak terjadi, sehingga mengakibatkan adanya peluang bagi patogen dari salah satu spesies untuk masuk ke inang yang baru dan berevolusi menciptakan virus baru.

Ehm, bingung yaa? Misalnya begini, virus yang berasal kelelawar sebenarnya tidak bisa langsung menjangkit manusia karena memiliki karakteristik genome yang berbeda. Tapi, karena adanya perubahan iklim dan hilangnya habitat, terjadi interaksi antar hewan seperti antara kelelawar dengan babi, sehingga patogen dari kelelawar bercampur dengan babi sebagai inang yang baru. Akibatnya virus dari kelelawar bermutasi dan menjadi bisa menjangkit manusia karena babi dan manusia memiliki genetik yang serupa.

Berarti, pandemi ini ada kaitannya dengan perilaku manusia selama ini dong ya?

Ada banget! Makanya supaya di kemudian hari bumi nggak semakin parah, kita harus mulai melakukan sesuatu untuk perubahan. Nah, meski tahun ini belum ada resolusi yang tercapai, yuk sekarang kita buat resolusi baru untuk merancang apa yang mulai bisa kita lakukan di tahun depan supaya bumi ini menjadi semakin lebih baik.

Kamu bisa mulai perubahan dari hal paling sederhana tapi bisa kamu lakukan setiap hari secara konsisten. Contohnya, mulai membiasakan diri untuk membawa kantong belanja atau wadah ketika berbelanja dan jajan di luar, atau bisa juga dengan selalu membawa botol minum refill dan sedotan stainless-steel kalau sedang bepergian. Nggak cuma itu, tentunya kamu juga tetap harus meminimalisir jejak karbon dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi serta membatasi penggunaan energi.

Jangan lupa juga untuk tetap berusaha mengurangi produksi dan mendaur ulang sampah ya! Supaya sampah yang menumpuk di TPA berkurang dan menekan jumlah gas beracun yang membahayakan bumi.

Dengan melakukan langkah-langkah hidup berkelanjutan, kamu juga telah berpartisipasi dalam mewujudkan bumi yang lebih sehat dan aman bagi semua makhluk hidup!

Gimana, siap ‘kan untuk hidup lebih berkelanjutan sebagai resolusi di tahun depan?

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.