Indonesia Bebas Sampah 2025? Siapa Takut!

by Duitin • Nov 2020

1604571072-Blog-08---Indonesia-Bebas-Sampah-2025_-Siapa-Takut!-(1920-x-1080).jpg

Psst, kamu tahu nggak kalau pemerintah punya program yang keren banget lho tentang pengelolaan sampah? Kalau belum tahu, sini kita bisikin.

Program yang dimaksud tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga atau disebut sebagai JAKSTRANAS.

JAKSTRANAS ini membicarakan tentang dua poin penting yang ingin dicapai. Yang pertama yaitu mengurangi 30% sampah dari sumbernya dan yang kedua adalah mengelola setidaknya 70% sampah agar tidak langsung terkumpul dan menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Poin-poin tersebut diharapkan bisa tercapai di tahun 2025, sehingga target besarnya Indonesia bisa bebas dari sampah.

Kenapa JAKSTRANAS ada? 

FYI aja nih, menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) per Februari 2019 lalu, timbunan sampah per harinya saja sudah mencapai 175 ribu ton atau setara dengan 64 juta ton per tahun. WEW! Isn’t that a huge number?! Nggak cuma itu, KLHK juga menyebutkan bahwa 48% dari total sampah tersebut berupa sampah rumah tangga.

Apa aja sih sampah rumah tangga itu?

Yaa, semua sampah yang kamu buang di rumah. Termasuk diantaranya sampah organik sisa makanan, sampah sisa jajan lewat layanan pesan antar, bahkan sampah bungkusan dari belanja online shop. Disadur dari data yang sama, produksi sampah rumah tangga per harinya itu kira-kira mencapai 0,7 kg/ orang. Artinya, kalau di rumahmu ada 4 orang, berarti rumahmu menyumbang sampah sekitar 2,8 kg setiap hari, atau 19,6 kg seminggu, atau 84 kg per bulan! Itu cuma dari 1 rumah berisi 4 orang saja lho. Kebayang kan kalau dikali ratusan juta penduduk di Indonesia? Phew, banyak juga ya…

Terus kalau sampah rumah tangga aja bisa sebanyak itu, memungkinkan nggak sih bisa mengurangi sebagian besar produksi sampah hanya dalam waktu 5 tahun dari sekarang?

Hmm.. memang berat sih, tapi bukan berarti nggak mungkin kan? Let’s be optimistic! Tapi, tentu saja keberhasilan target tersebut akan membutuhkan kerjasama dari banyak pihak untuk ikut turun tangan mendukung program ini bersama-sama. Yup, terutama dari produsen sampah rumah tangga, yaitu kita semua.

Yuk kita dukung program JAKSTRANAS untuk menekan jumlah sampah yang berakhir di TPA! Caranya gimana? Pertama-tama, kita bisa memulainya dengan memilah sampah antara sampah organik dengan sampah kering yang bisa didaur ulang. Sampah organik bisa kamu olah menjadi kompos, sedangkan sampah kering bisa kamu daur ulang lewat aplikasi Duitin. Melalui #GerakanDaurUlang bersama Duitin, kamu telah berkontribusi dan mendukung Indonesia Bebas Sampah 2025. 

Beralih ke gaya hidup minim sampah? Siapa takut!

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.