Lidah Mertua yang Ini Justru Bikin Adem!

by Duitin • Nov 2020

1606128334-Blog-11---Lidah-Mertua-(1920-x-1080).jpg

Kalau belakangan kamu jadi lebih gampang suntuk gara-gara kebanyakan di rumah aja, kayaknya kamu perlu tengok lidah mertua deh untuk refreshing sedikit.

Lho, refreshing kok dengan lidah mertua? Apa nggak malah jadi tambah lelah?

Tenang, maksudnya bukan lidah mertua milik mertua-mertua di sinetron drama kok, hehehe. Yang dimaksud adalah lidah mertua si tanaman hias, atau nama bekennya, sansevieria. Nah kalau lidah mertua yang satu ini, nggak bakal bikin kamu panas kan?

Sansevieria merupakan salah satu tanaman yang spesial karena nggak cuma bisa mempercantik tapi juga bisa menjernihkan udara di dalam ruangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Antariksa Amerika atau NASA, lidah mertua bisa membantu menghilangkan racun di udara seperti formaldehyde, xylene, toluene dan nitrogen oxides — yaitu racun yang umumnya menempel pada hasil produksi kayu, mesin otomotif, karpet dan juga cat.

Waduh, kalau racun tersebut menempel pada kayu, karpet dan cat, berarti rumah kita juga cenderung memiliki kandungan racun yang sama dong?

Betul. Oleh karena itu, NASA juga menyarankan untuk memelihara setidaknya minimal 15 sansevieria berukuran sedang untuk ruangan seluas 160 meter persegi atau 1 sansevieria besar per 10 meter persegi. Selain bermanfaat menetralkan racun, tanaman ini ternyata juga ampuh menyerap radiasi dari barang-barang elektronik yang ada di rumahmu seperti televisi dan smartphone juga, lho.

Tanaman ini juga sangat ramah bagi para pemula karena merawat tanaman ini dijamin gampang banget, nggak pakai ribet. Kamu cukup taruh di media tanam dan hanya perlu menyiramnya 1-2 kali dalam seminggu atau 2-3 kali jika kamu menaruhnya di luar ruangan. Meskipun jarang disiram, gunakan jumlah air yang sedikit ya, karena lidah mertua itu tahan panas dan justru akan cepat kering serta membusuk ketika kadar air dalam media tanam terlalu lembab.

Kamu juga gak perlu khawatir untuk bolak-balik mengeluarkan tanaman di malam hari karena takut rebutan oksigen, karena uniknya sansevieria justru melakukan memproduksi oksigen di malam hari. Jika dikonversikan, kebutuhan oksigen 1 orang bisa disuplai oleh 6-8 lidah mertua berukuran sedang. Bahkan kamu bisa tinggal di ruangan tanpa ventilasi apabila memiliki beberapa tanaman ini dalam ruanganmu. Wow, ajaib banget!

Gimana, udah tertarik belum untuk ikutan mengadopsi sansevieria?

Jangan lupa share juga ceritamu dalam mengadopsi si lidah mertua ini ya!

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.