New Normal, New Habit?

by Duitin • Nov 2020

1604521747-Blog-01---New-Normal-New-Habit-(1920-x-1080).jpg

Ingatkah kapan terakhir kali kamu dine-in di restaurant? Hmm.. 3 bulan lalu? 4 bulan? Atau bahkan sudah nggak ingat lagi saking lamanya?

Kondisi pandemi COVID-19 ini telah membuat perubahan besar dalam berbagai ritme kegiatan, sehingga banyak orang menghindari aktivitas di luar rumah dan memilih untuk #dirumahaja. Nah, pasti ada kebiasaan baru yang jadi lebih sering kamu lakukan gara-gara cuma bisa di rumah aja? Yup, salah satunya adalah belanja online.

Coba kamu ingat-ingat. Selama berkegiatan di rumah, mulai dari awal masa pandemi hingga sekarang, sudah berapa kali kamu pesan makanan antar melalui ojek online? Ambil contoh, jika kamu memesan makanan melalui pesan antar sebanyak 3x dalam 1 minggu, artinya, dalam 1 bulan, kamu telah melakukan 12x pesan antar dan setelah 4 bulan ini kamu telah melakukan 48x pesan antar! Wow, banyak banget ya!

Dari sekian banyak pesan antar yang kamu lakukan tersebut, sadarkah kamu bahwa semua material yang digunakan untuk membungkus terbuat dari plastik? Wadah makanan, botol minuman, sendok-garpu, kantong kresek, bubble-wrap, semuanya adalah plastik. Semakin banyaknya pesan antar yang dilakukan, maka semakin banyak pula sampah plastik yang dihasilkan.

Dibalik kemudahan dalam penggunaannya, plastik wadah makanan tersebut baru dapat terurai secara alami setelah 300-500 tahun, lho. Bayangkan, jika setiap harinya ada ratusan orang yang melakukan pesan antar dan langsung membuang sampah plastiknya begitu saja, akan ada berapa banyak timbunan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan selama beberapa ratus tahun ke depan? Pasti nggak mau kan kalau lagi liburan di laut, yang kamu lihat bukan ikan tapi malah sampah plastik? ☹

Jangan biarkan kebiasaan baru ini menambah beban bumi. Segala resiko yang ditimbulkan akibat bertambahnya sampah plastik ini bisa diminimalisir, apabila kamu ikut melakukan pengelolaan sampah yang lebih bijaksana. Caranya, dengan melakukan pemilahan sampah mandiri sesuai jenisnya, kemudian kirimkan pada pihak ketiga untuk di daur ulang. Melalui aplikasi ponsel DUITIN, kamu bisa dengan mudah memesan penjemputan sampah daur ulangmu dan berkontribusi menciptakan bumi yang lebih baik.

Kebiasaan baru? Siapa takut!

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.