Salah Satu Upaya dari Kimberly-Clark Softex untuk Menekan Limbah Popok Bayi Bekas Pakai

by Kimberly-Clark Softex • Oct 2021

1634896913-Blog-16---Salah-Satu-Upaya-dari-Kimberly-Clark-Softex-(1920-x-1080).jpg

Pada tahun 2018, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkirakan bahwa setiap tahunnya sekitar 4,2 hingga 4,8 juta bayi lahir di Indonesia. Hal ini membuat popok bayi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi keluarga di Indonesia. Selain itu, masih terdapat mitos di kalangan masyarakat bahwa popok bekas harus dibuang ke sungai untuk menghindarkan bayi dari penyakit kulit, seperti ruam-ruam dan gatal. Mitos tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran di sungai Brantas, Jawa Timur.

Dalam rangka ikut mengatasi permasalahan tersebut, Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan berupaya menekan produksi limbah dalam proses bisnisnya, termasuk limbah popok bekas pakai. Sebagai bentuk upaya nyata, Kimberly-Clark Softex menjalin kerja sama dengan platform ekonomi sirkular, Duitin. Langkah ini dilakukan untuk mendorong pengumpulan popok bekas pakai yang akan didaur ulang di wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan dan telah dimulai sejak akhir Juni 2021.

Bersama Duitin, Kimberly-Clark Softex berupaya mengajak masyarakat dalam memilah sampah di rumah, serta membersihkan dan mengeringkan popok bekas pakai sebelum dikumpulkan. Setelah popok bekas pakai dibersihkan dan kering, Duitin Picker akan menjemputnya ke lokasi yang telah ditentukan melalui aplikasi. Hasil pengumpulan tersebut, kemudian akan dikirimkan ke mitra Kimberly-Clark Softex yang kemudian diolah menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Melalui program ini, Kimberly-Clark Softex dan Duitin juga berharap dapat membuka kesempatan kerja dan mengajak masyarakat untuk berkontribusi pada ekosistem pengolahan limbah popok bekas pakai dengan mengakses aplikasi Duitin.

Sejak September 2019, Kimberly-Clark Softex telah berkolaborasi dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat juga Bank Sampah. Hasil kolaborasi tersebut telah berhasil mendaur ulang lebih dari 54,6 ton popok bayi bekas pakai dan bahkan telah memiliki 4 fasilitas daur ulang yang berlokasi di Tangerang, Karawang, Bandung dan Banyuwangi. Kimberly-Clark Softex akan terus berupaya untuk meningkatkan pengumpulan popok bayi bekas pakai yang kemudian akan diolah agar dapat mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh popok bayi bekas pakai di Indonesia.

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.