PSBB diperpanjang! Apa yang harus dilakukan?

by Duitin • Nov 2020

1604570318-Blog-07---PSBB-diperpanjang!-Apa-yang-harus-dilakukan_-(1920-x-1080).jpg

ALERTA ALERTA! Waspada PSBB datang lagi!
Waduh, kenapa harus waspada? Sebelum kita bahas lebih lanjut, apakah kamu udah baca blog kami tentang kebiasaan baru yang muncul akibat pandemi? Kalau belum, bisa baca di sini supaya bisa tau kenapa kita harus kembali waspada.

Gimana, udah baca? Oke, kita bahas pelan-pelan ya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pandemi COVID-19 ini telah menciptakan kebiasaan baru di masyarakat, yaitu berbelanja online dan memesan makanan melalui layanan pesan antar. Yes, we all admit it kalau emang layanan pesan antar online ini udah ngebantu kita banget dan telah menjadi salah satu solusi temporer agar kita tetap bisa #dirumahaja tapi juga tetap produktif. Nah, dengan kembali diberlakukannya Pembatasan Sosial Besar-Besaran (PSBB), artinya masyarakat akan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sehingga potensi layanan makanan pesan antar atau online shopping juga akan kembali meningkat. 

Jadi udah tau kan apa yang harus kita waspadai ketika PSBB datang lagi?  Apa lagi kalau bukan karena the one but not the only, sampah. Menurut data dari Indonesian Environmental Scientist Association (IESA), selama pandemi, produksi sampah medis saja meningkat tajam hingga 70% yaitu sebanyak 23 ton per hari. 

23 ton sehari? Cuma dari sampah medis aja? Nggak salah tuh?!

Iya, sayangnya data tersebut nggak salah gaes. Itu baru sampah medis karena pasien COVID saja lho, belum termasuk sampah konsumsi kita sehari-hari atau sampah dari layanan pesan antar kita. Kebayang kan ada berapa ton tumpukan sampah yang akan membebani bumi di masa depan kalau kita tetap abai perihal masalah ini? Hiks, kasihan bumi kita :(

Huhu, terus kita mesti gimana dong?

Meskipun kondisi sedang serba sulit seperti ini, kamu masih bisa kok berperan penting untuk bumi yang lebih baik. Kalau kamu sedikit merasa bersalah karena banyak berbelanja yang menghasilkan sampah, kamu bisa menebus ‘dosa’ dengan cara mendaur ulang sampah-sampah hasil belanjamu tersebut. Nah mumpung lagi di rumah aja nih, kamu jadi punya lebih banyak waktu mengumpulkan sampah daur ulang di rumahmu dan ikutan #gerakandaurulang bersama DUITIN. Dengan memesan penjemputan daur ulang lewat aplikasi DUITIN, kamu nggak cuma berkontribusi meringankan beban bumi, tetapi juga telah membantu Duitin Picker untuk mendapatkan sampah yang telah terpilah. 

Oya, kamu juga nggak perlu khawatir melakukan penjemputan ini, karena DUITIN berkomitmen melakukan protokol kesehatan ketat demi menjaga keamanan dan kesehatan seluruh kalangan di masa pandemi. Duitin Picker yang akan melakukan penjemputan dipastikan akan selalu dalam kondisi sehat, memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan penjemputan serta melakukan penyemprotan disinfektan ketika tiba di lokasi dan menjaga jarak aman dengan pelanggan. 

PSBB diperpanjang? Yuk kita bareng-bareng perkencang sabuk pengaman!Nggak cuma dalam hal kesehatan, tapi juga demi bumi yang lebih berkelanjutan.

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.