Yuk, Berani Untuk Berubah ?

by Duitin • Nov 2020

1604569302-Blog-03---Yuk-Berani-Untuk-Berubah-(1920-x-1080).jpg

Perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19 tidak selamanya buruk. Dengan adanya kebijakan physical distancing atau yang kita kenal sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ternyata telah memberikan dampak baik pada alam, lho. Physical distancing yang diterapkan di seluruh penjuru dunia ini, membuat mayoritas masyarakat terpaksa harus berada di rumah saja dalam jangka waktu yang lama, bahkan jika memungkinkan, bekerja dari rumah. Akibatnya, selama kebijakan ini diterapkan, tidak ada mobilitas kendaraan yang padat, tidak ada kemacetan, serta penggunaan listrik pada perkantoran menurun drastis, yang artinya penurunan tingkat polusi secara signifikan!

Tidak hanya itu, karena hanya berada di rumah saja, penggunaan energi jadi terbatas sehingga pelepasan emisi karbon juga berkurang. Tercatat bahwa pada awal pandemi, emisi karbon di China dan Eropa menurun hingga 25% dari biasanya serta kualitas udara di India meningkat 33%. Seakan-akan sedang tersenyum, alam bahkan mempertontonkan fenomena langka yang tidak pernah terjadi selama 30 tahun terakhir; puncak Pegunungan Himalaya dapat terlihat dengan jelas dari distrik Jalandhar, India, yang selama ini pandangannya tertutup akibat polusi. Wow!

Sekarang kamu tahu kan, betapa banyak keajaiban dan fenomena yang dapat terjadi jika alam sedang berbahagia. Bisa jadi, pandemi ini terjadi hanya karena alam ingin istirahat sebentaaaar saja dari kepenatan gara-gara kelakuan kita sebagai manusia yang sering semena-mena. Kayaknya sudah terlalu lama deh, kita mengabaikan harapan alam untuk ikut diperhatikan.

Yuk, sudah saatnya kita untuk berubah! Manfaatkan momen pandemi ini untuk mulai berbenah demi lingkungan yang lebih baik. Kini, sudah banyak lho masyarakat yang mulai sadar dan bergerak membuat perubahan positif untuk lingkungan sekitarnya. Apakah jika belum ikutan, artinya terlambat? Tenang, nggak ada kata terlambat untuk memulai! Kamu juga bisa ikut memulai dengan langkah paling sederhana terlebih dulu, yaitu memilah sampah.
Lho, memang bisa?

Bisa banget. Melalui pemilahan sampah daur ulang, kamu bisa mengurangi beban lingkungan akibat penguraian sampah tidak sempurna yang dapat mencemari lingkungan. Tidak hanya itu, dengan pengelolaan awal sampah yang lebih bertanggung jawab ini, kamu juga mendukung terwujudnya produksi barang baru melalui siklus daur ulang yang lebih sempurna.

Caranya gampang. Pisahkan sampah daur ulang sesuai jenisnya, misalnya plastik, kertas, kaca dan besi, lalu pesan DUITIN untuk melakukan penjemputan sampah. Dengan DUITIN, kamu nggak perlu bingung untuk memulai daur ulang, karena DUITIN akan membantu dalam pengelolaan sampah daur ulangmu.

Jangan lupa untuk ajak semua teman-temanmu, supaya semakin banyak masyarakat yang bergerak untuk berubah jadi lebih baik. Siapa tahu di masa akan datang, alam akan menunjukkan fenomena ajaib lainnya sebagai bentuk terima kasih dengan perubahan kecil yang telah kamu lakukan.

Sudah siap untuk berubah?
Berani berubah, berani kelola sampah!

Dengan berlangganan, kamu turut berkontribusi mendukung gerakan ini untuk masa depan yang lebih baik.